1. Fungsi Kuadrat dan Grafiknya
Fungsi Kuadrat merupakan suatu fungsi yang memiliki variabel berpangkat 2. Hampir sama dengan persamaan kuadrat namun berbentuk suatu fungsi.
Bentuk umum fungsi kuadrat:
Contoh:
Maka dari itu, ,
, dll.
Grafik/Kurva Fungsi Kuadrat
Jika digambarkan pada koordinat Cartesius, grafik kuadrat berbentuk parabola dengan posisi parabola ditentukan oleh nilai a.
a. Jika maka parabola terbuka ke atas
b. Jika maka parabola terbuka ke bawah
Berikut langkah-langkah menggambarkan grafik/kurva nya:
- Tentukan titik potong
terhadap sumbu
, yaitu nilai
saat
maka dari itu, nilai titik potong ini merupakan akar-akar dari persamaan kuadrat
- Tentukan titik potong terhadap sumbu
, yaitu nilai y saat
- Tentukan sumbu simetrinya. Sumbu simetri adalah garis yang membagi dua parabola menjadi sama besar. Titik potong sumbu simetri terhadap sumbu
dapat dihitung dengan menggunakan rumus:
atau
- Tentukan titik puncak(titik balik maks atau titik balik min) grafiknya. Titik puncak merupakan titik dimana nilai
mencapai nilai maks atau nilai min sehingga parabola nya akan berbalik arah
- Koordinat titik puncak parabola adalah:
- Bilamana D adalah Diskriminan, yaitu
- Setelah mendapatkan semua titik di atas, maka kita baru dapat menggambar grafik fungsi kuadrat dengan menghubungkan semua titik di atas dengan garis yang berbentuk parabola
- Agar parabola terlihat lebih halus, kita dapat menghitung atau menentukan titik-titik lain yang dilewati oleh kurva/fungsi
Contoh soal:
jika mempunyai nilai minimum
, tentukan nilai
Jawab:
Nilai minimum tersebut merupakan titik puncak
Maka dari itu, dengan menggunakan rumus titik puncak kita dapat
Titik puncak =
Maka dari itu,
Hubungan Diskriminan Grafik Fungsi Kuadrat
Bila pada persamaan kuadrat nilai diskriminan dapat kita gunakan untuk mengetahui apakah akar-akarnya riil, kembar, atau tidak mempunyai akar-akar riil, pada fungsi kuadrat kita dapat menggunakan nilai diskriminan untuk mengetahui apakah grafiknya memotong sumbu di dua titik berlawanan, menyinggung sumbu
, atau tidak menyinggung ataupun memotong sumbu
.
Berikut sifat-sifatnya:
Jika
merupakan diskriminan suatu fungsi kuadrat
, maka:
Jika
, maka grafik
memotong sumbu
pada dua titik berbeda
jika
, maka grafik
menyinggung sumbu
pada satu titik
Jika
, maka grafik
tidak memotong sumbu
Menyusun Fungsi Kuadrat Baru
Kita bisa membuat fungsi kuadrat baru jika salah satu dari ketiga informasi ini diketahui, yaitu:
- Bila diketahui
melampaui tiga titik,
, dan
, maka bentuk fungsinya bisa didapat dengan mensubstitusikan nilai koordinat ke tiga titik
, dan
ke persamaan
. Selanjutnya akan didapat tiga persamaan linear dalam
, dan
. Kemudian nilai
, dan
dengan menggunakan metode eliminasi/substitusi
- Bila diketahui
memotong sumbu
di titik
dan
, serta melalui satu titik lain
, maka bentuk fungsinya adalah:
. Titik ke tiga, yaitu
dipergunakan agar memperoleh nilai
pada bentuk fungsi di atas
- Bila diketahui
melalui titik puncak
dan satu titik lain
, maka bentuk fungsinya adalah
Contoh:
Tentukan bentuk fungsi kuadrat yang memotong yangsumbu
pada titik
dan
,serta melalui titik A
Jawab:
Karena diketahui titik potong terhadap sumbu dan melewati satu titik lain, maka kita dapat menggunakan bentuk di atas, yaitu
Maka dari itu:
Karena melewati titik , maka:
Jadi bentuk fungsi kuadratnya adalah
2. Vektor Pada Dimensi Dua
A. Pengertian
Contoh :



Contoh :




1. Perkalian Vektor dengan skalar

Contoh :



3. Perkalian vekor dengan vektor jika diketahui sudut antara dua vektor maka :




