lstilah entreprenuership pada dasarnya merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya. Entreprenuership merupakan gabungan dari kreativitas, inovasi dan keberanian menghadapi resiko yang dilakukan dengan cara kerja keras untuk membentuk dan memelihara usaha baru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa entrepreneurship adalah kemampuan dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan sebagai dasar, sumber daya, tenaga penggera, tujuan siasat, kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.
Untuk menunjang itu semua perlu adanya edukasi kepada masyarakat Indonesia tentang entreprenuership dan digital marketing pada generasi muda, karena mereka adalah ujung tombak masa depan bagi bangsa dan negara serta bisa dijadi kan landasan berfikir untuk bersaing dalam prestasi.
Pesatnya kemajuan teknologi di segala bidang juga mendorong kemajuan teknologi di bidang pemasaran. Penggunaan media konvensional sebagai media promosi kini mulai mengalami peralihan ke media digital. Perpaduan antara faktor – faktor sosial manusia, psikologis, dan faktor-faktor lainnya dengan faktor teknologi menghasilkan suatu media pemasaran yang interaktif sehingga dapat terciptanya media yang dapat menciptakan interaksi antara produsen, konsumen,dan pasar. Media tersebut adalah media digital, atau dalam dunia pemasaran disebut dengan digital marketing. Perubahan teknologi akan berubah dari offline menjadi online, dari involuntary menjadi voluntary. Pelanggan akan secara sukarela mencari informasi tentang produk atau jasa yang dibutuhkan. Mereka bisa memproses informasi sesuai dengan ketertarikannya. Lebih interaktif karena konsumen memiliki keterlibatan tinggi terhadap produk atau jasa. Bentuk pemasaran digital bisa melalui blog, web, e-mail, dan layanan lainnya.
Pentingnya Belajar Digital Marketing
Digital marketing ini merupakan peralihan dari marketing tradisional, seperti koran, majalah, penjualan dari pintu ke pintu, dan papan iklan. Walaupun tidak ada salahnya untuk mempromosikan dagangan mu dengan conventional marketing, namun tentunya akan menjadi suatu kerugian kalau kamu tidak mencoba untuk mengembangkan bisnis mu ke ranah digital yang sedang hits saat ini.
Internet kini menjadi bagian crucial dalam kehidupan orang sehari-hari. Makin banyak orang yang tengah berselancar di internet memungkinkan target pembeli mu sedang online sehingga pemasaran dalam bentuk offline saja tidak cukup.
Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mulai berbisnis di platform digital.
1. Social Media Marketing
Hampir semua orang mempunyai sosial media, hal ini merupakan peluang yang sangat bagus untuk terjun ke dalamnya. Ada banyak pilihan, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Bisnismu pun bisa eksis di semua platform jika memang memungkinkan. Tapi, perlu diperhatikan bahwa demografi dan kebiasaan orang-orang cenderung berbeda pada masing-masing platform. Contohnya, terdapat ketertarikan dan habits yang berbeda di antara pengguna twitter dan instagram. Agar strategi jualan mu berhasil, kamu perlu mempertimbangkan dan memilih sosial media yang cocok untuk bisnismu. Saat kamu sudah menemukan sosial media yang tepat, kamu dapat membuat konten yang menarik audiens mu. Kamu juga dapat melakukan interaksi dengan target market mu untuk membangun trust pada brand mu. Kamu juga bisa banget menggunakan fitur ads berbayar yang tersedia.
2. SEO atau Search Engine Marketing
Kita tidak perlu lagi menelusuri jalanan untuk mencari suatu barang, sekarang orang-orang hanya perlu mengetik di mesin penelusuran untuk mencari barang spesifik yang ingin di beli. Berkaitan dengan hal ini, penting sekali bagi kamu para pengusaha muda untuk mengembangkan bisnismu dengan search engine optimization atau SEO. Singkatnya, SEO merupakan tindakan mengoptimasi website agar muncul di mesin penelusuran. Tujuannya adalah untuk meningkatkan traffic. Semakin banyak websitemu dikunjungi audience, semakin besar kemungkinan kamu akan menggaet pembeli baru atau meningkatkan awareness pada brand.
7 elemen kunci pemasaran konten tersebut, terdapat panduan tujuh langkah menuju sukses dalam digital marketing, yaitu:
- Luangkan waktu untuk menentukan strategi.
- Cari tahu format yang ingin anda gunakan.
- Pikirkan tentang jenis konten yang akan menarik bagi audiens anda. Lakukan riset, bertukar ide, ciptakan.
- Bagikan konten anda di seluruh distribusi konten utama / platform sosial.
- Melacak metrik utama, dan memetakannya ke tujuan anda.
- Waspadai pemicu berbagi utama. Pastikan untuk melatih emosi.
- Selalu periksa kembali pekerjaan anda.
Terkait dengan hal tersebut, adapun tiga elemen dasar digital marketing Diseeni dengan tujuan sales, yaitu Facebook Ads, Paid promote, dan Endorse. Kemudian, dua elemen dasar digital marketing Diseeni dengan tujuan brand awarness adalah Personal branding dan Giveaway. Diseeni menggunakan Facebook Ads karena terukur, datanya valid, dan relatif murah. KPI Diseeni dalam budgeting iklan mengeluarkan biaya kurang dari 10% jumlah omset. Secara ringkas, yang dilakukan Diseeni dalam digital marketing, diantaranya: Siapkan budget; Tentukan tujuan digital marketing; Tetapkan KPI dan prosedur digital marketing; Evaluasi; Scale Up; Evaluasi; Repeat.
Tidak hanya memaparkan mengenai digital marketing Diseeni, Rofi juga menunjukkan bagaimana perkembangan engagement akun Instagram Diseeni dari kenaikan jumlah follower, like, maupun komentar dari waktu ke waktu. Peningkatan tersebut tentu saja diakibatkan karena interaksi pengelola akun dengan audiens/followers yang semakin kuat. Setelah usai pemaparan materi, moderator membuka sesi tanya-jawab. Terlihat antusiasme audiens melalui pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan. Dengan mengikuti webinar ini, diharapkan peserta dapat menerima insight mengenai dunia bisnis, terutama dalam hal digital marketing sendiri yang merupakan kunci sukses berbisnis.